Home » » Nuansa Hijau Wisata Alam Posong Kabupaten Temanggung

Nuansa Hijau Wisata Alam Posong Kabupaten Temanggung


Siapa yang tidak kenal dengan Posong? Posong adalah salah satu obyek wisata nuansa hijau yang bertempat di Kabupaten Temanggung, Propinsi Jateng tepatnya berada di lereng gunung Sindoro. Pemandangan yang total alami ini dan sensasi Sunrise yang menjadi primadona para wisatawannya yang berniat berburu moment tersebut untuk diabadikan melalui foto maupun video.
Wisata Alam Posong Kabupaten Temanggung
Wisata Alam Posong Kabupaten Temanggung
Berikut ini adalah panduan untuk wisata alam Posong di Kabupaten Temanggung beserta petunjuk arah rute jalannya yang dikutipdari Detik Travel:



Jika berakhir pekan di sekitar Magelang atau Wonosobo, jangan lupa mampir ke objek wisata baru di Temanggung. Ada wisata alam Posong dengan pemandangan super indah di kaki Gunung Sindoro. Yuk kita ke sana! Bagi para traveler kan sudah tak asing dengan Gunung Sumbing dan Sindoro. Gunung kembar yang terletak di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah ini memiliki ketinggian masing-masing 3.371 Mdpl dan 3.150 Mdpl. Siapa yang menyangka, di balik kegagahannya tersembunyi keindahan lain di Temanggung. Jika Dieng di Wonosobo memiliki wisata Bukit Sikunir, Magelang memiliki Gunung Andong, maka Temanggung memiliki tujuan wisata menarik yaitu Posong. Posong merupakan kawasan wisata baru di Kabupaten Temanggung, letaknya di kaki Gunung Sindoro, Desa Tlahab, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung.
Tiketnya cukup murah, dengan membayar sebesar Rp 4.000, anda sudah bisa masuk ke area Posong. Jam buka wisata ini dari pukul 04.00 hingga 17.00 WIB.

Jika Anda melakukan perjalanan dari arah Semarang, bisa mengambil jalur Pantura Semarang-Yogya melewati Bawen, Ambarawa dan terakhir berada di perempatan Secang. Setelah itu, beloklah ke kanan dan ikuti saja terus jalan hingga alun-alun Kota Temanggung. Jika dari arah Yogyakarta, ambil jalur Pantura Yogya-Semarang, melewati Magelang dan terakhir perempatan Secang, belok kiri, ikuti jalan hingga bertemu alun-alun Kota Temanggung.
Jika sudah berada di Alun-alun Temanggung, ambil arah ke Wonosobo melewati Parakan. Bila sudah ada di Pasar Parakan, lurus saja dengan jalan yang menanjak hingga Kecamatan Kledung. Hati-hati melewati jalur ini, berkelok-kelok dan rawan terjadi kecelakaan.

Wisata Alam Posong
Obyek Wisata Alam Posong

Tetap konsentrasi untuk menemukan gapura kecil bertuliskan Posong di kanan jalan. Gapura ini dapat ditemui setelah melewati jembatan 1 (Jembatan Kembar) kemudian ada 1 jembatan lagi dan berbelok ke kanan Pas di tanjakan, gapura bertuliskan Posong terlihat di kanan jalan.

Apa saja yang ada di Posong? Meskipun kawasan wisata baru, namun jangan disepelekan persembahan alamnya. Posong memiliki golden sunrise yang sangat menakjubkan. Seperti yang saya katakan, bila Dieng memiliki Bukit Sikunir dan Magelang memiliki Gunung Andong, Temanggung memiliki Posong.

Obyek Wisata Alam Posong
Pemandangan Hijau Wisata Alam Posong

Wisata alam Posong terletak persis di kaki Gunung Sindoro. Saya sarankan berhati-hati saat mulai masuk dari loket pembayaran. Jalur yang terjal, berkontur batu dan sempit, membuat kita harus ekstra hati-hati. Tapi jangan khawatir, dari awal masuk, anda telah mendapati pemandangan alam yang sangat cantik. Selain perkebunan penduduk, Anda dapat melihat keindahan lekukan-lekukan tubuh Bumi ini.
Memerlukan waktu sekitar 1 jam dari gerbang tiket hingga lokasi akhir, spot utama Posong. Jika pagi hari mampir ke sini, pastinya mendapatkan sunrise. Namun perlu diingat, usahakan pukul 04.00 WIB pagi sudah start dari gerbang tiket dan kurang lebih pukul 05.00 WIB sudah berada di spot utama. Bersabarlah menunggu Sang Surya keluar dari persembunyiannya dengan duduk santai dan menikmati teh atau kopi panas di gazebo-gazebo yang telah disediakan.
Posong Temanggung
Posong Temanggung
Memang ada warung, namun buka kurang lebih pukul 07.00 WIB pagi. Maka dari itu ada baiknya membawa termos berisi air panas dan cangkir kopi sendiri. Ingat juga membawa jaket tebal, sarung tangan, penutup kepala, celana training, kaos kaki. Suhu di Posong sudah lumayan dingin. Pukul 05.45 WIB pandanglah mata ke arah Gunung Sumbing, perlahan-lahan mentari pagi mengintip dari balik Gunung Sumbing. Perlahan semu bayang Merbabu, Merapi, Telomoyo, Muria, Ungaran mulai terlihat. Bagi yang menyukai fotografi, siapkan kamera SLR/DSLR, tripod dan atur pengaturan secara manual agar mendapat gambar yang sempurna.

Pukul 06.00 WIB rasakan dan nikmati hangatnya Golden Sunrise! Abadikan momen terbaik dari Posong. Bila beruntung Anda mendapatkan samudera awan dan siangnya mendapatkan pemandangan bersih, bebas dari awan. Pemandangan puncak Merbabu, Merapi, Telomoyo, Ungaran, Muria, Sumbing dan Sindoro. 7 Puncak sekaligus bisa kita lihat dari atas sini. Posong juga membuka tempat berkemah, wisatawan bisa menghubungi pihak pengelola setempat. Bukan hanya pagi dan Golden Sunrise, Posong mempersembahkan keindahannya. Aaat malam hari milyaran bintang berada di atas persis kepala kita atau yang biasa disebut dengan Milky Way.

Penasaran? Langsung saja meluncur ke sini. Ini bisa menjadi tempat rekreasi bersama keluarga, teman, pacar. Dijamin tak mengecewakan. Namun perlu diingat lagi, untuk bisa mendapat view yang sempurna, berkunjunglah saat musim kemarau. Bila musim hujan pasti Anda hanya mendapat kabut. Jangan tinggalkan sampah dan apa pun selain jejak, jangan ambil apapun selain foto, jangan bunuh apapun selain waktu. Nikmati alam sangat dibolehkan, namun bertanggung jawab agar anak cucu juga kita bisa menikmati.
Sumber:travel.detik.com

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.